The true motivation

QS. AL-BAQARAH (2);207-
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْرِي نَفْسَهُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ.

Kuat lemahnya dorongan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan tergantung kepada kadar motivasi yang dimilikinya. Apabila kadar motivasi yang dimilikinya besar dan kuat, maka besar dan kuat pula dorongan untuk melakukan perbuatan tersebut. Karena memang ukuran motivasi untuk merealisasikan suatu perbuatan berbanding lurus dengan kadar motivasi yang dimiliki.

Dalam kenyataannya, motivasi manusia untuk melakukan perbuatan tidaklah tunggal. Masing-masing manusia memiliki dorongan yang berbeda-beda dalam merealisasikan aktivitasnya. Orang yang sama-sama berkerja keras siang dan malam, bisa jadi satu dengan yang lainnya memiliki motivasi yang berbeda. Ada yang termotivasi oleh kehidupanyang serba berkecukupan, ingin kaya, ada juga yang karena prestise atu kedudukan sosial dimasyarakat, ada lagi karena kepuasan aktualisasi dirinya yng bekerja sesuai dengan hobi-nya, ada juga yang merasa terpanggil karena ingin menolong orang lain, (termotivasi karena panggilan moral atu kemanusiaan). Dilain pihak ada juga yang melakukannya karena panggilan kewajiban, bekerja karena dorongan kesadaran akan hubungannya dengan penciptanya, yaitu Allah swt. Intinya setiap orang memiliki jenis dorongan yang berbeda-beda yang ini melandasi setiiap aktivitas nya. Namun, sebagian besar motivasi tersebut hanya bersifat temporer dan tergerus dalam perjalanan nya bersama waktu.

Ada sebuah kisahnyata yang sangat luarbiasa dari orang-orang yang memiliki motivasi yang begitu kokoh, begitu tegar. Bagai tak ada satupun kekuatan yang mampu mematahkannya. Kita harus belajar dari mereka , dari orang yang sangat luar biasa bagaimana seseorang yang dulunya hanyalah seorang biasa berubah menjaadai luar biasa. Mereka yang dahulunya tidak terkenal , saat ini menjadi buah bibir dan teladan yang disampaikan diberbagai majelis keteladaanan.

Dialah bilal bin rabah, siapa yang tak kenal dengan muaddzin rosululloh ini yang dahulu dia adalah seorang budak yang disiksa tuannya ia tetap tegar dan mengatakan ahad.. ahad ,pernahkah terbayangkan oleh kalian ternyata motivasi yang begitu besar bisa muncul dari seorang papa yang miskin bahkan dia pun tak memiliki dirinya.

Dari terik panas mentar yang membakar, disaat udara padang pasir membakar kulit dan matahari berada di ubun-ubun seorang budak terbaring disana dan diatas dadanya ditindih batu besar, bisakah kalian bayangkan bagai mana kulit dan daging dari tubuhnya tercerabut saat hempasan cambuk dari seorang umayyah bin khalaf menyentuh kulit hitamnya yang mendadak berubah kebiruan dan keluarlah darah segar dari luka yang menganga. Begitu dahsyatnya siksaan itu begitu pedihnya setiap deraan cambuk itu tetapi tiap kali umayyah memaksanya untuk kembali kafir tak ada yang keluar dari mulutnya kecuali ahad,,,ahad, yang seolah-olah setiap cambukan umayyah tak sedikitpun menggentarkan hatinya.

Alahkah menakjubkan motivasi yang muncul dari keimanan seorang budak yang baru saja memeluk islam itu. Sampai –sampai membuat para penyiksanya pun putus asa hinggga satu malam orang kafir yang menyiksanya berkata

“ sudahlah, besok tolong katakan saja Tuhanmu adalah Latta dan Uzza, agar kami berhenti menyiksamu karena sesungguhnya kami telah lelah melakukannya”

Kedasyatannya sungguh luar biasa yang membuat Umar bin Khatab mengucapkan

“ Abu bakar adalah pemimpin kita, yang telah memerdekakan pemimpin kita”

Memang pantas jika seorang Umar berkata demikian, namun setiap kali menerima pujian maka laku-laki berkulit hitam, kurus, tinggi, berjambang tipis ini akan menundukkan kepala dan memejamkan mata serta merta air matanya berlinang dan ia akan berkata ;

“Saya ini hanya seorang Habsyi…, dan saya kemarin hanyalah seorang budak belian”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s