mencari yang soleh

Kadang iseng saya bertanya dengan teman-teman, “apa sih kriteria calon pendampingmu?” dan biasanya kriterianya standar namun ada saja beberapa yang agak sedikit diluar standar keumuman.

Bisa dikatakan menentukan pilihan seperti ini tidaklah mudah ditengah lingkungan yang mengadopsi sekulerisme sebagai standar keumuman. Bisa dibayangkan anak siapapun dia, kiyai sekalipun, tidak menjadi jaminan terlepas dari pergaulan yang hedonis saat ini, karena saat ingin lepas dari bayang-bayang hedonisme maka siap-siap saja dianggap kampungan karena ga moderen oleh lingkungannya.

“Jangan mencari kesempurnaan karena tidak ada satu mahlukpun di dunia ini yangsempurna”, seloroh seorang teman.

Saya setuju dengan pendapat itu namun menurut saya, saat memilih bukan mencari kesempurnaan, namun yang dicari adalah ketaqwaan. Kalau dibahasakan umumnya cari yang soleh.

Gimana mau cari yang soleh? kan katanya dizaman hedonis seperti sekarang banyak produk bajakan dan refurbis !! dengan tampilan casing mulus namun dalaman cina, bahkan second !!!

Menjadi dilema mencari jarum jatuh dalam jerami memang, tetapi bukan berarti tidak ada, oleh karena itu begini tipsnya :

1. Perhatikan lingkungannya

Serasa tak mungkin seorang soleh, bergaul dengan lingkungan yang hedonis bukan? nah ini menjadi penting diperhatikan

2. Lihat penampilannya

Ketakwaan seorang muslimah itu akan nampak secara tidak langsung dari penampilannya, kenapa demikian? begini penjelasanny,

Dalam Islam ketaqwaan seorang muslim itu bukan hanya dalam hati tetapi menjadi sebuah karaktet yang terus melekat yang akan berimbas pada tingkah lakunya sehari-hari yang terwujud dalam bentuk akhlaqul karimah.

Seorang muslim sejati akan sangat takut pada Allah swt. dan terwujud dengan ketundukannya pada hukum syara (baca; hukum Islam)
Hematnya seorang muslimah pilihan pasti menutup auratnya dengan cara yang syar`i.

3. Lihat aktivitasnya

Sampaikanlah walau hanya satu ayat, demikian Rasululloh saw pernah bertutur.

Seorang muslim pilihan tidak akan diam saat ada kemungkaran disekitarnya karena amal ma’ruf nahyi munkar menjadi motto dalam hidupnya yang selalu terintegral dalam seluruh aktivitasnya.
Seorang muslim pilihan pasti akan berdakwah apapun resikonya dan dia pasti akan dakwah dengan berjama’ah. Karena seorang muslim pilihan akan menempatkan dakwah menjadi prioritas utama dalam hidupnya.

Nah itu tiga tips untuk mencari wanita saleha, ada sebuah pesan dari lirik lagu bang roma yang dikutip dari sebuah hadits “salah satu perhiasan dunia adalah wanita saleha”

NB : Jangan pernah tertipu dan juga sadar diri kalau ingin mendapat pendamping yang soleha maka buatlah diri kalian juga soleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s