sebuah wacana ringan

Kemarin disela-sela hari, perjalanan, dan waktu ku dihadapkan pada sebuah wacana yang kufikir cukup untuk dijadikan bahan perbincangan untuk sekedar melewati pagi ini dengan segelas besar teh hanga mas Pon yang rasa manisnya pas.

Dibalik keramaian dan keramahan pemilik warung itu walaupun pura-pura tak terlibat aku sebenarnya menyimak apa kata mereka, perbincangan ringan namun penuh dengan gelak tawa seakan hilang beban berat setoran becak hari ini.

Wacana tentang sebuah kalimat “Aku cinta kamu” kalimat yang biasa dalam kehidupan remaja saat ini, toh pada faktanya kalimat itu bisa terdengar di kantin sekolah, bangku kelas, pojok taman, ditengah keramaian, bahkan sudah menjalar ke kosan, kontrakan dan penginapan.

Namun mungkin terasa tak biasa untuk selalu diucapkan Pakde Karmin, penarik becak yang sudah berumur itu. Menurutnya “Aku cinta kamu” sudah disampaikan untuk anak dan istrinya dengan setoran uang belanja sedikut uang jajan untuk anak-anaknya disekolah yang dikirimkan tak menentu jumlahnya tiap dua pekan di kampung halaman.

Walau agak tak sama dengan yang umum, menurut ku “aku cinta kamu” cuma akan “pas” kalau digunakan dan ditempatkan pada posisi yang bener.

Yang “pas” itu seperti apa ?

yang “pas” itu yang sesuai dengan aturan, yang sesuai dengan penempatannya. Seperti mengenakan seragam olahraga saat pesta, dari segi fungsi pakaiannya sudah tepat namun dari sisi penempatannya tak tepat.

Singkatnya agar “pas” pastinya harus sesuai aturan ISLAM yang teramu dalam al quran dan assunah, nah kita tinggal ambil dan amalkan ga usah repot-repot. Bahkan Rasululloh Muhammad menyampaikan agar kita mengungkapkan rasa cinta kita kepada orang yang kita cintai itu, namun tentu ada syaratnya yaitu harus dilandaskan pada dasar ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Ini memberikan arti bahwa “aku cinta kamu” bukan kata kata kosong dan murahan yang bisa kita pungut dipinggir jalan seperti jaman sekarang, [catatan tempo hari di angkringan mas pon]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s